Training Finance
By June 20, 20190 Comments

Managing IT Risks in Internet Banking

Managing IT Risks in Internet Banking

Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta | 24 – 25 Juli 2019 | Rp 5.225.000
Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta | 25 – 26 September 2019 | Rp 5.225.000

 

 

PENDAHULUAN TRAINING MRTI

Manajemen Resiko Teknologi Informasi (MRTI) mengidentifikasikan dan menggolongkan berbagai Resiko Teknologi Informasi yang dihadapi oleh setiap organisasi. Secara umum, proses dan aplikasi bisnis akan digunakan untuk ditinjau, diulas dan dibahas serta diakomodasi dalam proses perencanaan MRTI lebih jauh.

Berbagai skenario terkait dengan Resiko Teknologi Informasi terhadap Internet Banking (termasuk juga Mobile Banking) akan dibahas dalam pelatihan ini yang menggunakan Risk IT dari ISACA (organisasi profesi bidang audit sistem informasi dan pengendalian) sebagai salah satu framework internasional terpopuler dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

 

TUJUAN TRAINING MRTI

Pada akhir sesi pelatihan, peserta diharapkan untuk mampu:

  1. Memahami Konsep MRTI termasuk Standar dan Frameworknya.
  2. Mendalami Framework MRTI Risk IT dari ISACA.
  3. Melakukan Identifikasi Resiko (Risk Identification) TI.
  4. Memiliki dan Menentukan Resiko dengan Risk Assessment dan Risk Scenario.
  5. Memahami Analisa Kualitatif dan Kuantitatif.
  6. Membuat Skala dan Peringkat Resiko.
  7. Mengidentifikasi Risk Scoring, Risk Response dan Strateginya.
  8. Menentukan Kepemilikan Resiko, Tenggat Waktunya serta Key Risk Indicator.
  9. Membuat Risk Register.

 

MATERI TRAINING MRTI

  1. Memahami MRTI dengan Standar dan Frameworknya.
  2. Mendalami Framework MRTI dari ISACA yaitu Risk IT.
  3. Menguasai Risk Practitioner Guide dan Toolkit.
  4. Memanfaatkan Risk Scenario untuk Resiko Negatif maupun Positif.
  5. Melakukan Risk Identification.
  6. Menguasai Risk Assessment beserta Tekniknya.
  7. Memahami Analisa Kualitatif dan Kuantitatif.
  8. Menentukan Risk Scale dan Risk Rating.
  9. Mengidentifikasi Risk Scoring, Risk Response dan Risk Action Plan.
  10. Memahami Risk Tolerance, Risk Appetite dan Risk Key Risk Indicator.
  11. Melaksanakan Risk Register.

 

METODE TRAINING MRTI

Agar pelatihan dapat berlangsung secara efektif dan efisien, 30% waktu akan dialokasikan untuk konsep penting dan 70% untuk diskusi, latihan serta studi kasus.

 

TARGET PESERTA TRAINING MRTI

Staff, Officer, Penyelia, Manajer, Manajer Senior`, Kepala Bagian, Kepala Divisi, Kepala Departemen, Konsultan, maupun profesional lain di bidang Teknologi Informasi, Keuangan, Akuntansi, Manajemen Resiko, Audit, Compliance (Kepatuhan), Governance (Tata Kelola), Keamanan Informasi (Information Security) di industri perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang ingin memperoleh, mengetahui, memahami, menguasai, meningkatkan, memperdalam pengetahuan serta kemampuan dalam mengelola MRTI di dalam maupun di luar organisasinya menggunakan salah satu framework internasional yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

 

FACILITATOR TRAINING MRTI

Goutama Bachtiar

Goutama Bachtiar adalah : Advisor, Auditor, Konsultan, Trainer, Courseware Designer dan Penulis bidang Teknologi dan Sistem Informasi selama 17 tahun terakhir dengan spesialisasi di ranah IT Governance, Risk, Security, Assurance, Audit dan IT Management.

Saat ini beliau menjabat sebagai advisor beberapa perusahaan dan organisasi, Subject Matter Expert, Program Mentor, Editorial Journal Reviewer, Certification Exam (CISA, CGEIT, CISM, CRISC) dan Study Materials Developer di ISACA International Chapter, Subject Matter Expert dan Program Evaluator di PMI International Chapter, IASA, SABSA dan Open Group Global Working Group Member, Reviewer Panel di International Institute of Business Analysis (IIBA), Dosen Tamu di program pasca sarjana beberapa universitas di AS dan Indonesia (UTB, UI, IPB dan Binus), serta moderator, panelis dan pembicara di sejumlah konferensi, workshop dan seminar.

Sebagai auditor dan konsultan, telah memberikan layanan tersebut kepada 35 perusahaan dan organisasi. Puluhan sertifikasi internasional sudah diperolehnya sampai dengan saat ini.

Selain itu, beliau juga telah mengadakan dan memberikan pelatihan, perkuliahan, seminar, konferensi dan workshop sebanyak lebih dari 230 sesi dan 5500 jam lebih kepada sekitar 7500 peserta di Indonesia maupun luar negeri kepada lebih dari 70 perusahaan dan organisasi.

Sebagai penulis, sudah mengarang 2 buku dan 22 courseware serta sudah menulis, melakukan review dan editing atas 300 artikel, manuskrip, paper dan white paper seputar Telematika dan Manajemen di lebih dari 20 media, publikasi, organisasi, jurnal dan konferensi.

 

About the Author:

Post a Comment